Borland Delphi adalah IDE RAD (rapid application development) dan bahasa pemrograman (sebelumnya dikenal sebagai Object Pascal). IDE itu sendiri mendukung bahasa tambahan seperti C # dan C ++.

  • Win32 dan .NET
    Delphi  berisi kompilator dan perpustakaan kelas dasar untuk kedua Win32 dan .NET. Ini berarti Anda dapat mengembangkan aplikasi Windows dan .NET asli dengan bahasa, perpustakaan kelas dan IDE yang sama. Ini bisa menjadi keuntungan jika Anda harus mengembangkan kedua platform atau hanya ingin memastikan ada jalur upgrade jika Anda ingin beralih ke .NET nanti. Jika Anda hanya menggunakan kelas dan kontrol VCL, bahkan mungkin untuk menulis aplikasi yang dapat dikompilasi ke kode Windows asli atau .NET programs
    tanpa mengubah garis kode
  • Small file size. Salah satu atribut aplikasi yang bagus yang dibangun dengan Delphi adalah ukuran file yang kecil. Hal ini dimungkinkan karena aplikasi Delphi tidak bergantung pada perpustakaan runtime besar seperti framework .NET. Aplikasi Delphi grafis sederhana berukuran hampir 300KB dan bisa didownload lebih dari modem 56k dengan cukup cepat. Karena file aplikasi Delphi sangat kecil, bisnis software bisa menargetkan pelanggan melalui internet lebih mudah. Sekitar 40% pengguna internet di Amerika Serikat masih menjelajah web dengan modem 56K. Di kebanyakan negara lain jumlah ini bahkan lebih tinggi. Apalagi jika bisnis perangkat lunak menargetkan konsumen, mereka harus menjaga ukuran file dan dependensi seperti kerangka .NET saat memilih alat pengembangan.
  • Performance.¬†Aplikasi Delphi yang dikompilasi karena program Win32 asli hampir secepat aplikasi C ++ yang dikompilasi secara native. Hal ini membuat Delphi sangat cocok bahkan untuk aplikasi grafis-berat dan matematika-intensif. Selain itu, antarmuka grafis yang dikembangkan dengan Delphi jauh lebih responsif daripada rekan mereka di .NET dan Java dan merasa lebih baik.
  • Safe future. Meski selalu ada rumor tentang Borland yang meninggalkan Delphi, Borland mendemonstrasikan komitmennya terhadap Delphi dalam waktu yang sangat lama. Bahkan aplikasi yang ditulis dalam Delphi 1.0 masih bekerja dengan sedikit modifikasi di Delphi 2005. Sementara Microsoft berhenti mendukung Visual Basic 6 dan membiarkan pengembang Visual Basic turun tanpa jalur upgrade yang mudah .NET, masa depan Delphi tidak pernah lebih cerah. Selain itu, kebijakan komunikasi baru dari Borland dan peta jalan mereka yang jelas untuk masa depan Delphi membantu menghentikan rumor tentang kematian Delphi dan menunjukkan komitmen Borland sekali lagi.
  • Big third-party market. Salah satu hal terbaik tentang Delphi dan komunitasnya adalah banyaknya alat dan komponen pihak ketiga. Ada banyak komponen grafis dan perpustakaan grafis gratis dan komersial berkualitas tinggi yang dapat dipasang langsung ke aplikasi Anda. Model komponen Delphi yang baik mendorong pembuatan kode yang dapat digunakan kembali dan menghasilkan jumlah komponen siap pakai ini. Apakah semua komponen berkualitas bagus? Tidak, tentu saja tidak. Seperti untuk semua alat pengembangan, ada komponen dan perpustakaan yang bagus
    dan kualitas buruk. Tapi hanya memecat semua perpustakaan dan komponen karena ada hal buruk yang benar-benar mengurangi produktivitas Anda dan saya sangat menyarankan untuk melihat proyek seperti Indy, JCL dan FastMM4.
  • Highly productive RAD environment. IDE Delphi berisi perancang GUI yang hebat, alat refactoring, file versioning dan fitur rapi lainnya yang membuat kode penulisan dan merancang GUI yang hebat sangat produktif dan mudah. Terutama perancang GUI yang didesain dengan sangat baik dan sangat intuitif sehingga tidak ada IDE lain yang bisa menyamai kemudahan penggunaan Delphi (setidaknya untuk saya).

Tidak ada alat pengembangan yang sempurna dan Anda harus mengetahui kelemahan alat untuk membuat keputusan yang tepat saat memilihnya.