Fungsi Website untuk pemerintah Desa

Apa yang dapat dilakukan situs web untuk desa anda, dan untuk organisasi tempat Anda bekerja ? Website pertama-tama adalah alat komunikasi, karena menyediakan individu dan organisasi yang berbasis di lokasi terpencil dengan cara berbagi dan bertukar informasi melalui internet. Lebih spesifik, dan dari sudut pandang pemiliknya, website desa dapat memenuhi satu atau lebih fungsi-fungsi berikut :

  • Website Desa bisa menjadi alat penerbitan, mirip dengan surat kabar, majalah, buku atau siaran radio / TV (contoh: situs web yang menggambarkan program pemerintah, atau laporan tentang kegiatan parlemen dan agen);?
  • Website bisa menjadi alat pemasaran, menyediakan agen dengan cara untuk mempublikasikan dan mempromosikan layanan dan kegiatan mereka seperti mereka dengan membeli ruang iklan di media, atau memproduksi brosur atau materi promosi lainnya; website desa dapat digunakan untuk membangun atau meningkatkan profil dan citra lembaga-lembaga publik (misalnya: meningkatkan kepercayaan publik untuk otoritas regulasi baru), atau untuk benar-benar mempromosikan layanan komersial (contoh: situs web yang mempromosikan perpustakaan negara dan layanan dokumentasi, atau kegiatan kantor statistik, atau situs yang mengundang investasi dalam obligasi publik atau instrumen keuangan yang dikelola secara publik lainnya);
  • Website dapat menjadi alat transaksional, ketika mereka memungkinkan pengguna dan agen publik untuk bertukar semua informasi yang diperlukan untuk mendukung transaksi dalam bentuk apa pun (misalnya mendaftarkan keluhan, meminta lisensi, tetapi juga transaksi yang lebih kompleks, seperti membayar pajak, atau mengelola tender dan kontrak);
  • Website bisa menjadi alat kerja, memungkinkan agen publik untuk bertukar informasi dengan karyawannya dan / atau pemangku kepentingan lainnya dalam organisasi, dan karena itu memfasilitasi kegiatan profesional secara umum (misalnya situs web dengan akses terbatas yang memberikan otoritas kepolisian dengan akses ke pendaftaran kendaraan database yang dikelola oleh otoritas transportasi, atau sebuah situs yang dirancang untuk menyediakan sumber daya pengetahuan medis bagi dokter yang berbasis di lokasi pedesaan terpencil).

Lembaga pemerintah seperti pemerintah desa mungkin tertarik pada satu atau lebih dari fungsi yang mungkin dijelaskan di atas dan, jika direncanakan dan direalisasikan dengan tepat, website desa dapat mewakili solusi yang relatif murah dan efisien jika dibandingkan dengan cara berkomunikasi lainnya. Tetapi penting untuk memahami bahwa memiliki website  tidak akan menyelesaikan semua kebutuhan komunikasi organisasi, dan bahwa ada keuntungan dan kerugian menggunakan web sebagai alat komunikasi.

Apa Manfaat dan Kelemahannya Memiliki Website Pemerintah Desa ?

Website Desa hanyalah salah satu dari berbagai alat komunikasi yang berpotensi tersedia untuk organisasi pemerintah, dan seperti aplikasi media lainnya ia memiliki kelebihan dan kekurangan, atau konsekuensinya. Lembaga yang mempertimbangkan investasi dalam situs web harus terlebih dahulu mengevaluasi apakah berkomunikasi melalui situs web adalah cara yang tepat dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mereka. Di bawah ini adalah beberapa contoh keuntungan dan kerugian memiliki situs web.