Tidak jarang terjadi mendesain ulang website sewaktu-waktu untuk satu alasan tertentu. Tapi satu hal yang kami perhatikan adalah bahwa medesain ulang atau membangun website harus memperhitungkan betapa pentingnya desain website untuk strategi pemasaran digital secara maksimal.

Ketika sebuah website didesain ulang akhirnya malah menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Ini cenderung terjadi karena dibuat dengan tujuan memuaskan satu elemen dari strategi pemasaran digital sebagai lawan dari strategi secara maksimal. Sebagai contoh, memperkenalkan merek baru ATAU meningkatkan potensi SEO dari website ATAU salah satu elemen lain yang dimiliki di garis perhatian pada waktu tertentu.

Desain website yang berkualitas dapat berdampak besar pada sebagian besar wilayah strategi pemasaran digital, jadi penting untuk mempertimbangkan berbagai elemen dalam hubungannya dengan satu sama lain. Pada artikel ini, kami akan melihat setiap aspek pemasaran digital yang dipengaruhi oleh desain website, baik back-end maupun front-end, untuk mengidentifikasi betapa pentingnya desain website yang baik, yang dapat menjalankan kampanye pemasaran digital yang maksimal.

Search Engine Optimisation (SEO)
Mari kita mulai dengan SEO. biasanya SEO adalah alasan terbesar yang pernah saya lihat untuk mendesain ulang situs web saat ini tidak memenuhi persyaratan untuk mendapatkan peringkat tinggi di Google lagi, sehingga mendesain ulang situs web untuk menggabungkan semua elemen yang anggap faktor peringkat.

Sejak diperkenalkannya Panda, semua orang telah menghapus duplikat konten! Jadi mengapa tidak menyelamatkan diri proses eliminasi dan memastikan tidak ada duplikat konten? Ada tiga contoh utama saat ini terjadi, halaman berita dan kategori yang menarik konten dari posting itu sendiri, halaman duplikat yang dihasilkan secara otomatis dan akhirnya (lebih umum dengan situs eCommerce) menduplikasi deskripsi produk barang-barang serupa dengan sedikit perbedaan dalam spesifikasi.

Terjadinya salah satu dari ketiganya dapat berdampak buruk pada peringkat Anda. Sementara contoh pertama dapat dengan mudah diatasi dengan penyisipan tag ‘noindex, nofollow’ pada halaman yang menyinggung, dua lainnya perlu dipertimbangkan ketika mendesain infrastruktur situs itu sendiri. Misalnya, mungkin memiliki halaman yang mengkonsolidasikan produk serupa dengan perbedaan detail spesifikasi di bawah setiap produk dan satu ikhtisar umum, dibandingkan dengan satu halaman dengan deskripsi yang diduplikasi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dari desain back-end sebuah situs web adalah kemampuan untuk memasukkan informasi yang diperlukan. Mengejutkan betapa seringnya saya menemukan situs web yang sama sekali tidak memiliki fungsi untuk memasukkan deskripsi Meta khusus, tag Alt dan sejenisnya. Ini adalah beberapa elemen SEO yang lebih sederhana, oleh karena itu penting dimasukkan ke dalam website.

Conversion Rate Optimisation (CRO)
Sekarang mari kita bahas tentang meningkatkan CRO dari sebuah website, tetapi untuk tujuan artikel ini kami akan fokus pada dua area saja, otoritas dan kesederhanaan. Keseluruhan nuansa website dapat menggambarkan otoritas situs tersebut kepada pengguna. Bayangkan pergi ke sebuah situs untuk membeli satu set tiket festival, Anda sampai di sana dan situs ini adalah template gaya blogspot, apakah Anda akan merasa nyaman membayar ratusan ribu rupiah ke website tersebut ? Yah, begitu juga pengunjung Anda. Adalah penting bahwa website Anda terlihat dirancang dengan baik dan berwibawa dari segi penampilan.

Hal ini bukan berarti desain yang sederhana tidak akan berfungsi. kami akan membahas tentang kecepatan website nanti, tetapi desain yang terlalu rumit dapat memiliki implikasi negatif pada waktu website dibuka, tetapi di sisi lain, jika Anda membuatnya terlalu sederhana, Anda berisiko terlihat tidak dapat dipercaya. Di sinilah keseimbangan diperlukan. Ketika mempertimbangkan tingkat konversi website Anda, Anda perlu memastikan desain Anda cukup sederhana untuk memuaskan UX tetapi cukup kompleks untuk memuaskan CRO, Ini bisa menjadi persamaan yang rumit tetapi bisa melakukannya dengan benar!

User Experience (UX)
Desain website memiliki dampak besar pada UX untuk pengunjung Anda. Mulai dari membuat navigasi menjadi sederhana dan mudah digunakan, untuk memastikan kecepatan situs Anda secepat mungkin. Pertama, mari kita lihat kecepatan situs. Kecepatan situs sekarang dianggap sebagai faktor peringkat karena implikasinya pada UX (karena itu,

titik ini juga bersilangan dengan SEO). Karena kecepatan internet meningkat, begitu juga harapan pengguna tentang waktu buka halaman. Jika desain website Anda menggabungkan gambar besar dan elemen lain yang memperlambat waktu buka, akan berdampak negatif terhadap UX website Anda.

Ada banyak cara untuk meningkatkan waktu buka ini seperti mengompresi file dan melakukan audit penuh. Selama proses desain, kami menemukan banyak situs yang telah mencoba mempersulit navigasi website mereka untuk tujuan menggunakan desain yang mencolok. Penting untuk diingat bahwa tujuan utama dari website anda adalah untuk memuaskan pengunjung. Tanpa memuaskan pengunjung Anda, Mereka tidak akan tinggal, apalagi kembali, ke website anda.