Seorang pengusaha telah meluncurkan sebuah toko online. Menawarkan produk atau layanan berkualitas tinggi, dia tidak meragukan keberhasilannya. Tapi bulan demi bulan, jumlah pengunjung tetap kecil, tingkat konversi juga tidak tumbuh, dan pendapatan tetap genting. Masalahnya adalah bahwa bagian penting dari pengembangan e-commerce tidak terjawab.

Menghadap komponen manajemen bisnis ini, salah satu risiko diakhiri dengan semua barang berkualitas yang mengumpulkan debu di rak virtual. Pemasaran e-niaga bertanggung jawab untuk meningkatkan kesadaran tentang penawaran toko online dan produk, mengarahkan lalu lintas ke situs, mengoptimalkan pengalaman pengguna untuk konversi, mengembangkan loyalitas pelanggan dan, sebagai hasilnya, meningkatkan penjualan.

Pemasaran bisnis online bisa jadi tantangan yang menarik, mengingat banyaknya situs e-commerce yang bersaing menarik perhatian pelanggan. Kecakapan fundamental pemasaran e-commerce ditambah pemikiran kreatif adalah formula sukses. Tapi dengan banyaknya teknik, mencapai kombinasi terbaik untuk toko Anda tidak selalu berhasil pada percobaan pertama. Pada artikel ini, kami akan membagikan praktik terbaik dalam pemasaran e-niaga dan contoh penerapannya di toko online.

Strategi pemasaran E-niaga dalam siklus hidup pelanggan.
Meskipun strategi pemasaran untuk toko bata dan mortir dan toko online berbeda, siklus hidup konsumen di e-niaga serupa dengan ritel di batu bata dan mortir. Analis pemasaran Jim Sterne dan Matt Cutler mengidentifikasi 5 langkah dalam siklus hidup pelanggan: mencapai, akuisisi, konversi, retensi dan loyalitas. Sekarang, kita akan mulai dari strategi pemasaran e-commerce terbaik untuk setiap langkah dan kemudian akan beralih dari teori ke praktik untuk melihat kampanye pemasaran yang sukses.

Jangkauan dan akuisisi
Mencapai dan memperoleh pengunjung merupakan titik awal bagi setiap bisnis online. Ada teknik produktif dan hemat biaya untuk meningkatkan visibilitas situs e-niaga dan menarik pengunjung.

SEO adalah strategi pemasaran online paling efektif pada tahap pertama siklus hidup pelanggan ini. Itu membuat mesin pencari lebih baik melihat relevansi konten Anda dengan permintaan penelusuran calon pelanggan Anda. hasilnya, toko online Anda berperingkat tinggi di Google dan lebih banyak orang menemukannya di Google search.

Teknik SEO termasuk membuat konten dan grafis yang unik, membangun tautan, menambahkan kata kunci dan URL deskriptif bertarget, membuat situs web ramah seluler, memperbaiki arsitektur situs web. Secara default, platform e-commerce SEO-friendly. Anda dapat lebih meningkatkan efisiensi dengan ekstensi off-the-shelf. Misalnya, SEO Extension mendukung pengoptimalan konten teknis dan halaman secara manual dan mengintegrasikan faktor eksternal termasuk integrasi sosial dan dukungan layanan Google.

Bahkan jika Anda membuat fokus utama pada peningkatan lalu lintas organik, lihat strategi pemasaran web efisien lainnya di e-niaga yang bertujuan menarik pengunjung.

  • Social Media Marketing. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjangkau calon pelanggan melalui platform sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau Pinterest. Memiliki khalayak yang besar, mereka bisa menjadi platform periklanan gratis.
  • Forum Marketing. Temukan topik terbaik untuk mempromosikan produk Anda, masukkan percakapan dan suara yang membantu. Pikirkan cara kreatif untuk mengiklankan produk Anda.
  • Influencer Marketing.┬áPada usia ketika blogging adalah pekerjaan, Anda dapat mempromosikan produk Anda dengan mengirimkan sampel gratis kepada influencer dengan khalayak yang besar. Kajian mereka berdasarkan pengalaman pribadi akan memiliki bobot.

Anda dapat mengevaluasi keberhasilan kampanye akuisisi pelanggan Anda oleh KPIs berikut: lalu lintas situs, pendapatan oleh sumber lalu lintas, pangsa sosial, rasio pentalan.

Konversi
Jadi, Anda punya pengunjung yang datang ke toko online Anda. Sekarang, tujuan Anda adalah membantu mereka menemukan apa yang mereka cari dan mengalahkan pesaing Anda dengan tawaran yang lebih baik. Berikut adalah tip pemasaran e-commerce untuk mendorong pengunjung melakukan pembelian pertama.

  • Engage Online Merchandising. Sementara merchandiser di toko bata-dan-mortir menggunakan rak untuk tata letak produk, merchandiser online bekerja dengan ruang online yang berharga. Menarik pelanggan dengan saran pribadi dan tawaran terbaik yang ditempatkan di posisi teratas.
  • Make special offers for new customers. Tempatkan spanduk dengan kupon dan diskon untuk pembeli pertama kali di beranda.
  • Launch email campaigns for subscribers. Jika pengunjung berlangganan tapi tidak melakukan pembelian, kembalikan dia dengan mengirimkan pengumuman penawaran baru, penjualan musiman atau diskon khusus untuk pelanggan baru. Anda dapat melacak email yang belum dibuka dan meluncurkan surat pengulangan dengan subjek email baru dalam beberapa saat. Kali ini, targetkan hanya mereka yang belum membuka email awal, sehingga meningkatkan jumlah buka sambil menghindari spam dengan email yang sama.
  • Make your online store interactive. Tambahkan obrolan langsung dan formulir kontak untuk memastikan tanggapan cepat terhadap permintaan pengunjung.

Platform E Commerce harus bisa menawarkan beberapa fitur untuk meningkatkan rasio konversi. Misalnya, opsi Pembelian Paspor yang Terabaikan memungkinkan Anda untuk menangani calon pelanggan yang memberikan informasi kontak mereka namun tidak menyelesaikan pesanan. Pada saat yang sama, menawarkan teknologi elastics search mutakhir yang meningkatkan fungsi pencarian dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Fitur checkout di dalam PayPal dan fitur kartu kredit yang tersimpan menawarkan pelanggan untuk menggunakan PayPal tanpa meninggalkan toko online dan memperpendek waktu check-out.

Penyimpanan
Aman untuk mengatakan bahwa mendapatkan pelanggan baru lebih rumit daripada mempertahankan yang lama. Memilih di antara banyak solusi, perhatikan pemasaran email e-commerce sebagai alat yang hebat untuk membuat pelanggan tetap mengikuti penawaran Anda. Kampanyekan pemasaran email Anda mencakup :

  • Penawaran produk baru yang biasa.
  • Kupon eksklusif untuk pelanggan tetap.
  • Akses awal ke penawaran baru.
  • Anjuran referral khusus.
  • Kupon sensitif waktu.
  • Email pengingat kembali
  • Liburan dan penjualan musiman.

Penting untuk dipahami bahwa saat orang dibombardir dengan komunikasi setiap hari. Berdiri dan buat setiap email layak untuk mengambil ruang waktu dan inbox pelanggan Anda dengan pesan pribadi, grafis yang eye-catching dan ajakan bertindak langsung. platform toko online anda harus menawarkan untuk mengidentifikasi segmen pelanggan utama dan meluncurkan kampanye pemasaran email yang ditargetkan. Demikian pula, Anda dapat menggunakan ekstensi Pemasaran Ulang yang memfasilitasi kampanye email yang menganalisis data pelanggan secara otomatis.

Loyalitas
Kami telah mengumpulkan empat solusi pemasaran e-commerce yang efisien untuk membuat pelanggan tetap bersama Anda.

  • Kampanye promosi. Anda dapat mendorong pelanggan untuk kembali ke toko online Anda dengan menawarkan diskon terbatas dan terbatas waktu dan menginformasikan pelanggan tentang promosi melalui email.
  • Program loyalitas. Modul Program Loyalitas di toko online Anda harus memungkinkan sistem penghargaan dengan berbagai tingkatan seperti Perak, Emas, Perunggu, VIP, Klien Grosir, dll. Pelanggan dapat dipromosikan ke tingkat berikutnya untuk aktivitas pembelian mereka.
  • Upselling. Dengan menunjukkan produk sejenis, versi atau model lain pada halaman produk yang terperinci, Anda memastikan bahwa pelanggan merasa puas dengan pembelian.
  • Cross selling. Taktik pemasaran ini mengundang pelanggan untuk membeli item terkait atau komplementer dengan Anda. Misalnya, produk perawatan sepatu bisa dijual silang ke alas kaki.

Harga sebagai bagian penting dari pemasaran e-commerce

Ada beberapa pendekatan untuk konfigurasi harga. Anda dapat menemukan formula markup ritel yang tepat dengan trial and error. Atau Anda bisa melihat ringkasan prinsipal penetapan harga pokok kami dan memilih yang sesuai dengan penawaran produk Anda.

  • Metode Biaya plus harga berarti Anda menambahkan margin yang diinginkan ke biaya pertama produk.
  • Jika Anda memilih untuk menggunakan metode penetapan harga berbasis pesaing, Anda perlu meneliti harga pesaing untuk produk sejenis dan menetapkan harga di antara keduanya.
  • Metode penetapan harga berbasis nilai mendasarkan harga pada nilai produk, manfaat yang dapat diberikannya kepada konsumen. Karena pendekatan ini agak rumit, marilah kita membimbing Anda melalui konfigurasi harga berdasarkan nilai langkah demi langkah :
  1. Tentukan harga alternatif terbaik berikutnya yang bisa dibeli pelanggan bukan milik Anda.
  2. Tentukan apa yang membedakan Anda selain dari alternatif ini dan perkirakan nilai dari perbedaan ini.
  3. Tentukan apa yang membuat produk pesaing lebih baik dari Anda dan perkirakan nilai dari perbedaan ini.
  4. Gunakan rumus berikut: Harga = langkah 1 + langkah 2 – langkah 3.

Setelah Anda menetapkan harga, perhatikan volume penjualan dan pesaing dan sesuaikan harga yang sesuai. Menolak fleksibilitas harga, Anda berisiko kehilangan pelanggan atau mengalami kerugian. Berikut adalah beberapa alasan untuk menaikkan atau menurunkan harga.

Menaik :

  • Awalnya, Anda underpriced produknya.
  • Beban produksi meningkat.
  • Anda ingin menguji pasar.

Turun :

  • Awalnya, Anda terlalu mahal produknya.
  • Beban produksi mengalami penurunan.
  • Anda meluncurkan kampanye promosi.

Buat strategi pemasaran e-commerce Anda

Menjaga tren pemasaran e-niaga, menarik pelanggan baru dan berada di laman yang sama dengan yang sekarang penting untuk toko online – mulai dari startup kecil hingga bisnis mapan. Tidak ada rencana pemasaran e-commerce yang sempurna yang akan melunasi setiap bisnis. Ini adalah proses yang terus menerus untuk mengidentifikasi tujuan bisnis, menerapkan teknik dan melihat dampaknya terhadap kinerja bisnis. Bereksperimenlah dengan strategi, terapkan ide segar dan lacak hasilnya untuk mengembangkan kampanye pemasaran yang bermanfaat.