Inspiratif

Menko PMK Muhadjir Effendy Diberi Gelar nama Adat Gowa ‘Daeng Majarre’

Gowa – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy diberi gelar Daeng Majarre dari adat Gowa di Museum Istana Balla Lompoa, Kabupaten Gowa, Kamis 17/3.

Pemberian gelar adat ini dilakukan dengan pemasangan songkok nibiring oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan pemberian badik oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Bupati Adnan mengatakan pemberian gelar tersebut merupakan kehormatan masyarakat Adat Gowa kepada beliau sebagai rumpun keluarga besar di Kabupaten Gowa.

“Arti dari “Majarre” adalah pemersatu atau mempererat, pemberian nama ini sebagai bentuk untuk mempersatukan adat budaya yang ada di Gowa,” ujarnya.

Adnan mengatakan kehadiran Menko PMK menjadi berkah tersendiri bagi Kabupaten Gowa karena telah memberikan bantuan pikiran sehingga nama gelar adat ini diberikan.

Pada kesempatan itu juga, Adnan menjelaskan mengenai sejarah Museum Balla Lompoa, di mana museum ini sebelumnya merupakan Rumah Jabatan Bupati Gowa terdahulu yang kemudian pada zaman Bupati Syahrul Yasin Limpo dilakukan peluasan area.

Sementara di zaman kepemimpinan Almarhum Ichsan Yasin Limpo dilakukan revitalisasi.

“Tentu hari ini kami dan masyarakat Kabupaten Gowa berbangga karena melanjutkan apa yang telah diletakkan pondasinya oleh para pendahulu kami,” katanya.

Selain itu, Adnan akan terus menjaga eksistensi Kabupaten Gowa yang dikenal dengan kerajaan yang sangat kuat di masa lampau. Salah satu cara yang dilakukan dengan mempertahankan adat istiadat dan memperindah Kawasan Museum Balla Lompoa sebagai salah satu ikon Kabupaten Gowa.

“Kita akan terus berbenah membangun SDM, karena kami yakin kekayaan suatu daerah bukan ditentukan oleh sumber daya alamnya tapi di sumber daya manusianya,” ujarnya.

Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy sangat berterimakasih atas gelar yang diberikan. Menurutnya, hal tersebut belum pantas diterimanya dikarenakan belum memberikan sumbangsih yang berarti untuk Gowa.

“Kami sangat berterima kasih atas pemberian ini, meskipun saya merasa belum pantas karena belum memberikan sumbangan yang bermakna untuk Kabupaten Gowa,” katanya.

Kendatipun demikian, Muhadjir Effendy menyebut dirinya sangat mengagumi Bupati Gowa karena sejak ia menjabat sebagai Menteri Pendidikan sangat intens berkomunikasi karena disebut kepala daerah yang memberikan terobosan di sektor pendidikan.

“Saya termasuk orang yang mengagumi beliau karena banyak terobosan di sektor pendidikan sehingga sangat mendukung. Paling diingat adalah memberikan beasiswa kepada sejumlah pelajar untuk kuliah di Indonesia dan itu luar biasa karena tidak banyak pejabat daerah memberikan perhatian khusus kepada pendidikan saat itu,” kata Menko PMK ini.

Ia juga mengapresiasi langkah pemerintah Kabupaten Gowa yang terus melestarikan nilai luhur baik sebelum zaman Syahrul Yasin Limpo, zaman Ichsan Yasin Limpo, dan Bupati Adnan saat ini.

“Ini adalah kegiatan yang baik untuk menggali kembali nilai luhur, situs terpendam dan kemudian ini saatnya membangun untuk modal Gowa, Sulsel dan Indonesia di masa depan,” tuturnya.

Usai pelaksanaan pemberian gelar nama adat ini dilanjutkan Peresmian Revitalisasi Kawasan Museum Istana Ballalompoa, Penandatangan MoU dengan Pihak Kementerian Pertanian terkait Pembangunan pertanian terintegrasi (Integrated Farm) di Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe.

Sumber: www.tangerangmedia.com

Penulis : Lontara.

Read More
Tips

Tips Sukses Mencari Investor

Sebagai seorang pengusaha kamu akan lebih banyak memiliki peluang potensial mendapatkan sumber dana tanpa kamu sadari. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin belum kamu pertimbangkan dalam mendukung bisnismu.

1. Gunakan platform crowdfunding untuk mencari investor.
Crowdfunding adalah salah satu cara yang dapat kamu gunakan sebagai pengusaha yang membutuhkan investasi, Setiap platform crowdfunding dikhususkan untuk kebutuhan pendanaan tertentu.

Misalnya, dengan penggalangan dana berbasis donasi seperti GoFundMe, penggalangan dana yang tidak menerima imbalan atas donasi mereka.

Advertisement

Penggalangan dana berbasis penghargaan, seperti alternatif Kickstarter dan Kickstarter, penggalangan dana yang mana mereka menerima imbalan atas kontribusinya.

Crowdfunding ekuitas, investor mengambil sebagian kepemilikan perusahaan sebagai imbalan atas investasi mereka, Atau dengan layanan crowdfunding peer-to-peer, perusahaan akan mempertemukan mereka yang membutuhkan investasi dengan investor.

2. Gunakan SBA.
Small Business Administration akan mempertemukan dengan pemberi pinjaman yang dapat membuka jalan bagi pemilik bisnis yang sedang mencari investor.

SBA hanya mempertemukan bisnis dengan pemberi pinjaman yang disetujui oleh SBA. Selain itu, SBA membantu mengamankan hibah bisnis dan menawarkan pinjaman SBA bagi mereka yang memenuhi syarat, organisasi ini juga menyediakan kursus untuk membantu pengusaha mengembangkan bisnis mereka.

3. Hubungi orang-orang di bidang pekerjaan kamu.
Jaringan yang ada adalah cara mudah bagi pengusaha untuk terhubung dengan calon investor. Meskipun hasilnya tidak akan langsung terlihat, hubungi koneksi kamu untuk mendapatkan wawasan dan menemukan prospek.

Perguruan tinggi dan universitas juga merupakan sumber pendanaan yang sangat baik, karena instansi pendidikan biasanya sering mengundang dan menjalin hubungan dengan para ahli di berbagai bidang.

Read More
Bisnis

Mengenal dan Membangun Misi Perusahaan

Sangat penting untuk mengatur suasana lingkungan kerja, Karyawan saat ini tidak termotivasi hanya dengan gaji. Jika kamu ingin karyawan yang akan berperang dengan dan untuk kamu, mereka perlu merasa terhubung dengan tujuan atau misi secara dalam.

Kita akan mengeksplorasi gagasan misi perusahaan dan mengapa itu penting. Kemudian, kita akan mempelajari cara membuat dan mendefinisikan misi untuk bisnis kamu.

Apa itu misi perusahaan?
Sebuah misi biasanya membahas apa yang dilakukan perusahaan dan bagaimana serta mengapa ia melakukannya. Ini juga dapat mencakup pernyataan nilai dan etika.

Sebuah misi mengidentifikasi tujuan menyeluruh bersama yang idealnya dapat dicapai oleh semua karyawan dan digunakan sebagai pedoman motivasi dan perilaku.

Biasanya pendiri perusahaan menciptakan misi, meskipun perusahaan dapat memodifikasinya seiring berjalannya waktu dan perkembangan perusahaan. Misi perusahaan diringkas dalam pernyataan kisaran satu kalimat hingga satu paragraf pendek.

Advertisement

Perusahaan besar terkadang menghabiskan waktu bertahun-tahun dan jutaan rupiah untuk mencoba mengembangkan pernyataan misi yang ringkas dan menarik.

Untuk perusahaan kecil, seorang pemilik bisnis, dan mungkin sekelompok eksekutif atau pemangku kepentingan, dapat menyusun misi bisnis kecil dalam beberapa minggu saja.

Sebuah misi perusahaan harus melakukan tiga hal:

  1. Nyatakan apa yang dilakukan perusahaan.
  2. Tonjolkan nilai teratasnya.
  3. Tampilkan tujuan utama perusahaan ketika tercapai dan berhasil memenuhi misinya.

Mengapa misi penting?
Keterlibatan karyawan sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Bukankah mahal untuk merekrut, mempekerjakan, dan mempekerjakan karyawan baru secara terus menerus.

Mempekerjakan seorang karyawan harus menjadi investasi. Usaha kecil perlu membangun organisasi yang berkelanjutan yang dapat menahan tekanan dari tawaran pekerjaan dari luar.

Menciptakan misi perusahaan juga memungkinkan organisasi untuk menentukan apa yang mereka perjuangkan, yang mengarah pada pertumbuhan.

Memiliki misi yang terdefinisi dengan baik, tidak hanya mendapatkan dukungan dari karyawan, tetapi juga membantu memperjelas apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh perusahaan, sehingga tidak terjebak dalam informasi yang berlebihan dan teralihkan dari rencana awal.

Memiliki misi yang dipikirkan dengan matang akan membantu karyawan tetap fokus. Selain itu, pernyataan misi yang kuat dapat membawa perusahaan maju bahkan setelah pendiri meninggal dunia atau pensiun.

Bagaimana menemukan misi perusahaan
Menciptakan misi perusahaan dimulai dengan mendefinisikan nilai-nilai yang nyata. Bagian terpenting adalah bersikap jujur. Jika kamu pemimpin, suka atau tidak suka, apa pun yang terjadi di hati kamu, itulah yang terjadi dalam bisnis.

Advertisement

Mengartikulasikan misi perusahaan
Fokus pada gambaran besarnya. carilah inspirasi dengan mendiskusikan konsep gambaran besar dari spesifik bisnis kamu.

Biarkan kepribadian kamu muncul. Setiap perusahaan memiliki karakter sendiri (dapat dipercaya, menyenangkan, ambisius, dll.), dan misi kamu harus dibaca seolah-olah berasal dari organisasi yang hidup. Tetap sederhana. Hindari kata-kata yang tidak berarti atau jargon industri.

Jalani misi perusahaan mu
Untuk bertindak sebagai pemimpin sejati, kamu harus menjadi contoh misi perusahaan. Ini membawa misi kamu dari kata-kata yang dipasang di dinding di ruang istirahat menjadi tujuan hidup.

Pemimpinnya duluan, Jika kamu menginginkan budaya di mana orang jujur ​​dan mengakui kegagalan mereka, maka kamu harus menjadi yang pertama.

Dengan menjadi contoh bagi karyawan kamu, kamu menyelaraskan ide kamu tentang budaya bisnis kamu dengan kenyataan sehari-hari. Jika tidak, misi hanyalah ide abstrak yang tidak mencerminkan seperti apa sebenarnya perusahaan itu.

Ingatlah bahwa misi tidak berakhir dengan pemilik bisnis, misi itu dibagi di antara semua karyawan. Selain mendiskusikan misi kamu dan memasangnya di dinding, misi perusahaan kamu juga harus jelas dalam kebijakan perusahaan.

Misalnya, jika memperlakukan pelanggan dengan hormat adalah bagian dari misi kamu, perusahaan harus menghargai dan mengakui perwakilan layanan ketika pelanggan memberi mereka umpan balik yang sangat baik atau menyebutkan mereka dalam ulasan online yang positif.

Jika kejujuran dan integritas adalah bagian dari misi kamu, kamu tidak boleh memberikan kompensasi kepada karyawan penjualan saat mereka mendapatkan penjualan melalui cara yang tidak jujur ​​atau curang.

Pentingnya jujur ​​dan apa adanya
Misi perusahaan yang ditentukan memberikan arah organisasi kamu dan membantu kamu dalam melibatkan dan mempertahankan karyawan.

Saat mengerjakan misi, jujurlah dan tulus tentang cita-cita kamu sebagai pemilik bisnis dan pikirkan secara kritis tentang bagaimana kamu ingin bisnis kamu berdampak pada dunia.

Setelah kamu memiliki ide bisnis dan misi, kamu harus menjadi orang pertama yang mengikuti prinsipnya.

Read More
Inspiratif

Semangat Gotong-royong Masih Tumbuh Subur di Desa Tegaltaman

JagadMedia – Semangat gotong-royong masih tumbuh subur di masyarakat. Hal inilah yang terjadi di blok Karanggedang, Desa Tegaltaman, kecamatan Sukra, kabupaten Indramayu.

Warga bergotong royong membangun mushola yang diberi nama An-Nur, dengan dana pembangunananya berasal dari swadaya masyarakat.

Advertisement

Secara sukarela masyarakat mewujudkan mimpinya memiliki tempat ibadah yang berada disekitar tempat tinggalnya. Sehingga akan lebih memudahkan mereka dalam melaksanakan shalat berjamaah dan tempat untuk belajar mengaji serta mengkaji agama Islam.

Sudah sejak lama warga blok Karanggedang punya mimpi untuk memiliki rumah ibadah, akhirnya impian itu dapat terwujud.

Menurut Khadori: “Pembangunan mushola ini di inisiasi oleh segenap anggota jamiyyah KANDA dengan dukungan dari warga desa Tegaltaman, terutama warga masyarakat blok Karanggedang, dan beberapa dukungan secara personal.”

Proses pembangun memang belum tuntas. Masih dibutuhkan dana untuk penyelesaian fisik mushola, dan pembangunan tempat wudlu wanita dan toilet. Kendati begitu, sejumlah kegiatan telah dilakukan di musholah tersebut.

Pekerjaan seberat apapun kalau dikerjakan bersama-sama akan menjadi ringan, semoga hal seperti ini terus dipertahankan demi terciptanya generasi penerus yang lebih baik, dalam upaya membangun kultur Akhlakul Karimah.” Masih menurut khadori, salah satu jema’ah jamiyyah KANDA.

Begitu besar pahala orang yang turut serta berpartisipasi dalam pembangunan tempat ibadah. Amalannya dicatat sebagai sedekah jariyah, yang pahalanya akan terus mengalir dari semenjak hidup di dunia hingga akhirat kelak.

Semoga kebahagiaan dirasakan para donatur yang telah memberikan sedekah terbaik, sedekah jariyah pembangunan mushola An-Nur, dan Allah SWT senantiasa memberikan rezeki, keberkahan, dan pahala yang terus mengalir hingga akhirat kelak, membalas segala amal dan kebaikan semua yang berperan dalam pembangunan mushola ini, serta kami tetap senantiasa istiqomah, semoga musholah ini secepatnya rampung, sehingga bisa digunakan sebagaimana mestinya. ungkap khadori kepada jagad media.com.

Read More
Tempat Tinggal

Saat Kamu Hunting Rumah, Perhatikan 10 Hal ini.

Sumber Foto: pondokindahproperti.com

Jika kamu berpikir untuk membeli Rumah, supaya kamu tidak salah mengambil keputusan, artikel ini akan membantu sebagai referensi agar pencarian rumah anda tepat.

Meskipun jumlah kamar, kondisi dapur, dan ukuran halaman sangat penting, ada hal lain yang perlu kamu pikirkan sebelum kamu mengambil keputusan. berikut faktor-faktor yang perlu kamu perhatikan.

Lokasinya
Tiga hal yang paling penting perlu dipikirkan saat membeli Rumah adalah lokasi, lokasi, dan lokasi. Kamu dapat hidup dengan hampir semua ketidaksempurnaan jika kamu mencintai lingkungan dan tetangga. Kamu dapat mengubah hampir semua hal lainnya. Namun, setelah dibeli, kamu tidak dapat mengubah lokasi Rumahmu. Ketika kamu pergi untuk hunting Rumah, pertimbangkan kemungkinan kedekatan Rumahmu dengan lokasi kerja, pesona lingkungan, bagaimana letak Rumahmu, kemudahan akses, kebisingan dari tetangga, lalu lintas, dan hewan peliharaan, serta akses ke taman, perbelanjaan, sekolah, dan transportasi umum.

Posisi
Selain lokasi, lihat posisi Rumah. Jika Rumah berada di atas bukit, apakah memiliki pemandangan, basement walkout, atau banyak tangga untuk didaki? Apakah jendela tetangga melihat langsung ke dalam kamar? Apakah pekarangan cocok untuk anak-anak, hewan peliharaan, berkebun, atau penggunaan lainnya? Apakah akses ke properti aman terkait elevasi jalan masuk atau tangga ke pintu depan?

Para tetangga
Pastikan lingkungan, dan bukan hanya Rumah, sesuai dengan harapan kamu. kamu harus memiliki Rumah meski kecil di lingkungan terbaik. kamu akan mendapatkan pemandangan yang bagus! berkelilinglah di hari kerja dan akhir pekan, di siang hari dan di malam hari. Apakah Rumah di lingkungan itu konsisten dalam ukuran dan fitur? Apakah tetangga menjaga halaman tetap bersih dan rapi, atau ada mobil tua dan sampah di sekitar? Apakah lingkungan sekitar cukup aman bagi orang untuk berjalan, berlari, atau bersepeda, dan apakah ada anak-anak yang bermain di halaman?

Cerminan Gaya Hidup Mu
Tinggalah di lingkungan yang mencerminkan gaya hidup kamu. Apakah kamu menjalani kehidupan santai? Maka kamu mungkin tidak menginginkan rumah bergaya Victoria atau Tudor yang formal. Sesuatu yang lebih sederhana dan lebih kontemporer mungkin cocok. Lihat fitur eksteriornya. Rumah bata lebih mudah dirawat, kecuali, tentu saja, kamu tinggal di daerah yang rawan gempa. Tanyakan pada diri kamu apakah atap dalam kondisi baik. Apakah lansekapnya menarik dan apakah trotoar yang mengarah ke Rumahmu aman?

Ukuran dan Denah Lantai
Kamu membeli Rumah impian. Tapi apakah Rumah impian mu itu praktis? Apakah kamu membutuhkan empat kamar tidur dan empat kamar mandi saat kamu tinggal sendiri? Rumah besar memberikan kamu ruang ekstra yang selalu kamu inginkan untuk rumah kantor, kerajinan, atau proyek seni, tetapi kamu akan membayar tagihan pemanas yang lebih tinggi dan pajak yang lebih tinggi. Dibutuhkan lebih banyak furnitur untuk mengisinya dan uang untuk menghiasnya. Pikirkan tentang bagaimana ruang Rumah baru akan digunakan dan apakah itu akan sesuai dengan gaya hidup kamu sekarang dan di masa depan.

Kamar Tidur dan Kamar Mandi
Putuskan berapa banyak kamar tidur dan kamar mandi yang kamu butuhkan, Sayang sekali jika terpesona dengan cottage yang nyaman dan menawan yang tidak cukup besar. Kamar tidur tambahan selalu menjadi nilai tambah, karena dapat digunakan untuk studio kerajinan, atau ruang tamu. Jika kamu berpikir kamu akan menambahkan lebih banyak ruang nanti, pastikan untuk berkonsultasi dengan arsitek yang dapat memberi saran tentang perencanaan ruang, penggunaan kavling.

Dapur
Jika dapur adalah jantung dari Rumah mu, jangan puas dengandapur yang tidak berfungsi. kamu selalu dapat merombak. Bisakah kamu mengganti permukaan kabinet dan meja? Apakah makeover yang murah sudah cukup? Jangan memikirkan tentang peralatan, karena biasanya dapat dengan mudah diganti.

Ruangan
Rumah yang kuno cenderung memiliki lemari kecil dan tidak banyak ruang penyimpanan. Jika kamu memiliki banyak peralatan olahraga, perlengkapan kerajinan, pakaian, dan dekorasi liburan, pastikan kamu tahu ke mana semua ini akan ditempatkan di Rumah baru mu. kamu selalu dapat menambahkan ruang, tetapi kamu mungkin harus mengorbankan ruang tamu atau ruang lainnya.

Jendela dan Pencahayaan
Apakah kamu menyukai ruangan yang cerah atau apakah kamu menyukai privasi? Lihatlah sebuah rumah dengan cahaya dan sinar matahari dalam pikiran. Lihatlah lokasi outlet listrik dan perlengkapannya. Apakah akan mengakomodasi kebutuhan pencahayaan? Apakah ada pencahayaan tersembunyi di dapur, pencahayaan teluk di ruang keluarga, dan lampu gantung yang indah di ruang makan? Jika tidak, kamu dapat menambahkannya nanti, tetapi akan lebih baik jika kamu sudah memilikinya saat kamu pindah.

Finishing
Terkadang Rumah paling sederhana terlihat spektakuler berkat cetakan, perangkat keras, dan perapian yang terpasang. Jika elemen-elemen ini penting bagi kamu, carilah saat hunting Rumah atau bersiaplah untuk menambahkannya setelah kamu pindah.

Jika kamu mengingat elemen-elemen spesifik Rumah ini, hunting Rumah akan menyenangkan, dan kemungkinan besar kamu akan mendapatkan Rumah impian mu.

Read More
Bisnis

Mau Cari Ide Bisnis? Berikut 5 Ide Bisnis Keren Dimasa Pandemi

Jika Kamu terfikir untuk memulai bisnis dimasa pandemi, Sangat penting untuk mempertimbangkan kondisi new normal. Pandemi COVID-19 telah banyak mengubah cara orang mengonsumsi produk dan layanan.

Walaupun bisnis ritel atau restoran mungkin merupakan ide yang bagus, kamu harus mempertimbangkan kembali ide tersebut sampai kamu bisa melihat perkembangannya.

Pikirkan bisnis yang dapat mendukung cara orang menjalani kehidupan sekarang ini. Kamu harus membuat rencana bisnis yang baik, apa pun yang terjadi.

Pada artikel ini terdapat ide bisnis hebat untuk bisa kamu jadikan referensi dalam memilih bisnis yang tepat dimasa pandemi. Jika kamu sudah menemukan area yang sesuai, tinjau kembali langkah-langkah untuk memulai bisnis mu.

1. Consulting

Jika kamu memiliki pengetahuan yang luas dan tertarik tentang topik tertentu (seperti bisnis, media sosial, pemasaran, sumber daya manusia, kepemimpinan, atau komunikasi), consulting dapat menjadi pilihan yang menguntungkan. kamu dapat memulai bisnis Consulting sendiri, kemudian mengembangkan bisnis kamu, seiring berjalannya waktu kamu bisa menyewa konsultan lain.

2. Online Reselling

Sumber Foto : unsplash.com/photos/BYGLQ32Wjx8

Jika kamu menyukai tentang pakaian dan/atau penjualan dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis Reselling online. Meskipun membutuhkan waktu dan dedikasi serta perhatian terhadap mode, Kamu dapat memulai sebagai usaha sampingan dan berubah menjadi bisnis penjualan kembali penuh waktu. Kamu dapat mulai dengan menggunakan situs web toko online seperti tokopedia, bukalapak dan Mercari untuk menjual pakaian, kemudian kamu jual di website kamu sendiri.

3. Pengajaran Daring

Sumber Foto: unsplash.com/photos/HJmxky8Fvmo

Tuntutan untuk pendidikan secara online telah membuka kemungkinan bagi pengusaha. Karena ini adalah usaha online, kamu dapat memilih subjek apa pun yang kamu ketahui dan mengajar kursus di mana pun lokasi kamu. Jika kamu tidak memiliki pengetahuan lanjutan dalam mata pelajaran tertentu, pertimbangkan untuk mengajar bahasa Indonesia sebagai bahasa asing secara online kepada siswa di luar negeri.

4. Pembukuan online

Sumber Foto: unsplash.com/photos/pypeCEaJeZY

Seperti halnya pendidikan, teknologi memungkinkan banyak layanan pembukuan dilakukan secara online. Jika kamu seorang akuntan yang menginginkan kebebasan dan otonomi menjalankan bisnis kamu sendiri, manfaatkan teknologi modern untuk memulai layanan pembukuan online kamu sendiri.

5. Layanan Kurir Medis

Sumber Foto: unsplash.com

Jika kamu memiliki kendaraan yang andal dan keterampilan manajemen waktu yang baik, pertimbangkan untuk membuat layanan kurir kamu sendiri, lebih khusus lagi, layanan kurir medis. Sebagai pengemudi, kamu akan bertanggung jawab untuk mengangkut barang-barang medis seperti spesimen laboratorium, obat resep, dan peralatan. kamu dapat memulai bisnis kurir kamu sendiri, atau menyewa pengemudi lain untuk bekerja.

Read More

Page 1 of 1

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password